SEJARAH SENI ILUSTRASI DI INDONESIA

Istilah ilustrasi berasal dari bahasa latin yakni ilustrare yang berarti menjelaskan. penjelasan ini berhubungan dengan buku pelajaran, buku ilmiah, buku cerita, karya sastra, majalah,dan surat kabar. selain itu ilustrasi dapat berfungsi untuk menghias halaman buku atau majalah dan surat kabar pada kolom kolom tertentu.
seni ilustrasi sudah dikenal sejak lama hanya tidak dipopulerkan seperti saat ini. hal ini terbuktidengan banyaknya gambar gambar yang ada di lembaran daun lontar yang fungsinya untuk hiasan. contoh yang lebih jelas adalah wayang. wayang tang berupa lembaran ilustrasi yang ceritanya dituturkan oleh dalang di depan masyarakat umum

ketika balai pustaka didirikan pada tanggal 22 september 1917, banyak bermunculan ilustrator dari indonesia yang bekerja di majalah panji terbitan balai pustaka. Misalnya ardisoma, abdul salam, kasidi DLL.

pada masa pendudukan jepang, kemajuan pemuda indonesia pada bidang penerbitan dan penulisan membuat pihak jepang khawatir dan curigabila terjadi pemberontakan sehingga dibentuk badan sensor. tujunnya agar setiap hasil karya yang keluar sesuai dengan keinginan pemerintah jepang.

indonesia mulai membuat ilustrasi untuk uang kertas sendiri pada masa orde lama. dengan kemajuan yang pesat di bidang teknologi penerbitan dan ilustrasi, maka tahun 1951 pelukis oesman affandi dan ilustrator abdul salam dikirim ke belanda untuk mempelajari cara membuat ilustrasi pada uang kertas, yang nantinya akan diajarkan di tanah air.
pada masa orde baru ilustrator indonesia berkembang dengan pesat bagaikan jamur di musim hujan. terutama ilustrasi buku buku cerita maupun buku pengetahuan dari berbagai penerbitan.












disadur dari http://timurwachanasbc.blogspot.co.id/
Bagiin di Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar